PANAMA CANAL 2012

PANAMA CANAL 2012

International Engineering and Infrastructure Congress

 

PENDAHULUAN:

 Congress ini diselenggarakan dalam rangka pembangunan Panama Canal II, yang akan selesai pada akhir tahun 2014, bertepatan dengan peringatan 100 tahun Panama Canal  lama.

Congress ini dilaksanakan di Panama City, Panama tgl.18-20 April 2012.

Topik Congress ini adalah : “Risk Management for Large Scale Infrastructure Project” dengan fokus utama ke proyek pembangunan Panama Canal II.

POSISI PANAMA CANAL

Daratan Negara Amerika Latin atau Amerika tengah yang menghubungkan Amerika Utara dan Amerika Selatan mempunyai ukuran lebar yang kecil dan Panama mempunyai daratan paling sempit yang memisahkan Lautan Atlantik dan Lautan Pasifik. Oleh karena posisi yang paling sempit adalah daratan yang melingkar, Maka jadilah Panama Canal

yang garis tengahnya bukanlah dari Barat ke Timur, tapi malah dari Tenggara            ( Pasifik ) ke Barat Laut ( Atlantik ).

Canal yang membelah 2 benua Amerika ini dihubungkan Bridge of Americans         ( 1962 ) dan Centenial Bridge ( 2004 ) serta jembatan putar kecil diatas Mira Flores dan Pedro Miguel locks.

SEJARAH PANAMA CANAL

Tahun 1513, Vasco Balboa menjadi orang Eropa pertama yang melintasi Isthmus Panama dan menemukan Lautan Pasifik.

Tahun 1524 Raja Charles dari Spanyol memerintahkan dilakukan survey, namun barulah ditahun 1800 Ferdinand de Lesseps, seorang Perancis yang telah memimpin dengan sukses pembangunan Suez Canal, mencoba membuat Panama Canal dengan cara yang sama.

Ferdinand de Lesseps ingin membuat Panama Canal terbuka seperti halnya Suez Canal, namun kegagalan dan kerugian menimpa usaha ini, karena daratan dan hutan Panama yang tinggi, sungai yang ganas, jenis tanah yang lunak dan keras, serta serangan penyakit kuning dan malaria yang memakan korban lebih dari 22,000 pekerja.

Ditahun 1889 pekerjaan penggalian baru 40% selesai dan telah menghabiskan biaya US$235,000,000.- ini membuat perusahaan yang didirikan pemerintah Perancis jatuh bangkrut.

Akhirnya Perancis menjual haknya ditahun 1898 dengan harga US$40,000,000.- ke Amerika Serikat yang selanjutnya membantu perjuangan kemerdekaan negara Panama ditahun 1903 dari kekuasaan Columbia.

Pemerintah Panama memberi kuasa kepada Amerika Serikat untuk memulai Proyek Panama Canal ditahun 1904. Tindakan pertama Amerika Serikat dimulai dengan memberantas penyakit kuning dan malaria ( penyakit yang baru diketahui berasal dari nyamuk saat itu ) melalui perbaikan lingkungan akomodasi para pekerja, setelah itu barulah pekerjaan penggalian dimulai.

Penggalian tidak perlu sebanyak rencana Perancis, karena Ahli Amerika Serikat membangun dam untuk membuat danau Gatun disisi Atlantik dengan permukaan air +26m dari muka laut dengan luas 425 km2 yang menyimpan air sebanyak 5.2km3; danau ini merupakan danau buatan manusia terbesar saat itu.

Volume airnya kira kira sama dengan yang dibawa oleh Sungai Chagres setiap tahun. Panama mempunyai curah hujan yang sangat tinggi yaitu 2400mm pertahun.

Kemudian disisi Pasifik dan Atlantik dibuat masing masing 3 Locks yang setiap Lock dapat mengangkat kapal setinggi 1/3 dari ketinggian danau Gatun yaitu 26m.

Pekerjaan yang dilaksanakan oleh pemerintah Amerika Serikat ini juga menelan korban jiwa hampir 6,000 orang, sehingga proyek Panama Canal ini merupakan proyek yang paling banyak menelan korban dalam sejarah peradaban manusia.

Panama Canal ini selesai tahun 1914, sehingga dalam tahun 2014 akan dirayakan ulang tahun ke 100.

Sangat mengagumkan bahwa  Panama Canal lama ini dapat bertahan hampir 100 tahun dan saat ini memberi penghasilan rata rata sebesar US$ 5,000,000.- / hari dengan biaya operasi dan pemeliharaan konon kurang dari 50 persen.

Kapal yang berlayar dari New York ke San Francisco kalau melalui Cape Horn diujung Selatan benua Amerika Selatan, akan menempuh jarak 13,000 Miles – 60 hari, sedangkan melalui Panama Canal, jarak yang ditempuh hanya 5,000 Miles – 30 hari.

PERJALANAN KE PANAMA CITY

Penerbangan Singapore Airlines menempuh rute Singapore – Moscow – Houston yang melintasi bagian kutub utara ditempuh dengan waktu terbang sekitar 26 jam; dari Houston ada berbagai maskapai penerbangan Amerika Serikat atau Panama yang terbang langsung dalam waktu 4 jam ke Panama City. Suatu perjalanan yang sangat jauh.

Setibanya di Panama, untuk biaya taxi, saya ke ATM berlogo Visa dan berusaha mengambil uang Panama yaitu Balboa 200 yang nilainya hampir sama dengan nilai US Dollar, tapi yang keluar adalah 10 lembaran uang US$20 , belakangan saya baru mengerti bahwa Mata uang Balboa hanya dalam rupa coin Balboa 1 dan yang lebih kecil. Negara Panama memang memakai mata uang US Dollar dalam semua transaksi.

Taxi dari Bandara Panama City ke Hotel Resort Playa Bonita dengan harga US$60 yang ditempuh dalam waktu kira kira 45 menit.

Perjalanan dari Bandara ke Playa Bonita Hotel harus melintasi Bridge of Americans ke Vera Cruz. Ditempat inilah dilangsungkan acara congress Itu.

Visa untuk masuk ke Panama bagi orang Indonesia perlu diurus di Kedutaan Panama di Indoensia, namun bagi yang memiliki Visa USA, dapat langsung masuk, tetapi hanya menunggu untuk di fotocopy passport. Hal ini saya rasa karena orang Indonesia selalu dicuigai.

PANAMA CANAL EXTENTION

 Sungai Chagres adalah sungai di Amerika Tengah yang dibendung pada bagian tengahnya dan dibentuk Gatun Dam yang yang membentuk Danau Gatun yang merupakan sumber air

Air tawar yandipakai untuk operasi menaikkan dan menurunkan kapal dengan cara mengalirkan air kedalam Lock dan membuangnya ke lautan Pasifik dan Atlantik. Air dari Danau Gatun ini juga dipakai untuk keperluan air  penduduk

Panama dan untuk pembangkit listrik tenaga air disisi Atlantik dengan daya 6MW untuk mengoperasian pintu dan katub Locks.

Bagian atas Sungai Chagres juga dibendung sehingga permukaan air +75m  yang merupakan cadangan air untuk Danau Gatun. Juga untuk pembangkit Listrik Tenaga Air, dimana airnya dibuang ke Barat laut, Laut Caribian.

Kalau Panama Canal II yang baru atau extention ini dalam pengoperasiannya seperti Panama Canal lama yaitu membuang seluruh air kelaut, maka pastilah air danau Gatun akan tidak mencukupi.

Jalan keluar yang ditempuh adalah pertama meninggikan dam Gatun setinggi 45cm, sehingga air yang dapat ditampung bertambah banyak. Kemudian dalam pengoperasian Locks, ada 3 kolam Water Saving Basin disamping setiap Lock yang fungsinya untuk menyimpan 60 persen air yang dapat dipakai kembali dalam operasi selanjutnya.

Panama Canal baru ini akan mampu dilewati oleh kapal kapal container Post Panamax sampai ukuran 366m x 49m dengan draft 15m yang bisa membawa 12,600 TEU, sedangkan Canal lama yang sudah beroperasi 98 tahun, hanya bisa dilewati oleh kapal Panamax yang berukuran maksimum 294.1m x 32.3m dengan draft 12.8m yang membawa 6,000 TEU Container..

Seperti halnya Canal lama, semua sistim operasi Canal baru untuk pengisian dan pembuangan air adalah berdasarkan gaya gravitasi; pemakaian daya listrik sangat kecil, yaitu hanya untuk menggerakkan pintu dan katup saja.

PENJELASAN BAGIAN PEKERJAAN PROYEK PANAMA CANAL II

Bila kita berlayar dari Lautan Pasifik masuk ke Panama Canal, sambil melihat lokasi proyek sepanjang trayek ini dan menganggap garis penghubung ujung pantai daratan Panama adalah titik mulai atau titik 0:

Maka pekerjaan dilokasi sekitar itu adalah pekerjaan galian perluasan pintu masuk Panama Canal sebanyak 50 juta m3 senilai US$374.8 Million, ditangani gabungan perusahaan Panama.

Juga dilokasi ini terdapat pekerjaan dredging dengan volume 8.7 juta m3 senilai US$171 Million yang ditangani oleh Dredging International.

Selanjutnya sekitar kilometer ke 3 kita melewati Bridge of Americans yang sedang di cat

dan di kilometer ke 9.5 terdapat Lock 2 tingkat yaitu Mira Flores, setelah melewati Mira Flores Lock, terdapat Mira Flores Lake yang muka airnya +16.5m.

Kira kira 1km kesebelah kiri dari Mira Flores Lock terletak pekerjaan Lock 3 tingkat ( Miraflores ) yang baru yang bernilai kontrak sebesar US$1.6 Billion, yang ditangani oleh Grupo Unidos por el Canal yang merupakan gabungan dari kontraktor Sacyr Vallermoso, Impregilo, JAN DE NUL and Constructora Urbana SA.

Pekerjaan konstruksi Locks baru di Mira flores.

Miraflores Lock lama

Image saat Locks baru di Miraflores selesai.

Pada kilometer ke 11 terdapat Lock 1 tingkat yaitu Pedro Miguel.

Ketinggian air setelah Pedro Miguel adalah +26m ( nanti akan menjadi +26.45m ), sedangkan untuk Lock Miraflores 3 tingkat yang baru, langsung permukaan air menjadi +26.45m, jadi diantaranya perlu dibuat Dam yang memisahkan Mira Flores Lake +16.5m ( perairan antara Miraflores dan Pedro Miguel ) dengan jalur baru yang sama tingginya dengan Gatun Lake yaitu +26.45m. Dam yang dimulai dari sebelah kanan Mirafloes baru sampai Pedro Miguel, sepanjang kira kira 2km dinamakan Borinquen Dam, jadi kapal besar nantinya akan berlayar pada muka air yang lebih tinggi hampir 9m terhadap kapal kecil di Miraflores Lake. Kontraktor Jan de Nul.

Pada km 13.5 kita melewati Centenial Bridge yang diresmikan th.2004.

Selanjutnya pada kilometer ke 16 hingga 40, yaitu Culebra Cut dan Gatun terdapat pekerjaan pelebaran canal dengan volume  Dredging dan excavation yang banyak batu cadasnya dengan volume sebesar 25.88 Juta m3, nilai kontrak US$94.48 Million yang ditangani oleh Jan de Nul, Dredging International dan ACP.

Ponton Bor untuk peledakan batu basalt

Dipper Dredger

Cutter Suction Dredger

Di Gatun Lake pada kilometer ke 65, ada pekerjaan peninggian Bendungan Gatun setinggi 45cm, yang bernilai kontrak sebesar US$66.4 Million yang dikerjakan oleh ACP.

Pada kilometer ke 67, kira kira 1km disebelah kanan dari Gatun Lock lama, terdapat Lock 3 tingkat baru yang kontraknya senilai juga US$1.6 Billion, yang ditangani oleh Grupo Unidos por el Canal yang merupakan gabungan dari kontraktor Sacyr Vallermoso, Impregilo, JAN DE NUL and Constructora Urbana SA.

Pekerjaan Konstruksi di Gatun Locks

Water Saving Basin

Pada kilometer ke 68 hingga 77, pekerjaan dredging sebesar 16,800,000m3 dan excavation sebesar 810,00m3 dengan nilai kontrak US$109 Million yang ditangani oelh Jan de Nul.

Total nilai kontrak termasuk diatas ditambah Borinquen Dam, survey, perencanaan, model test dan contingency sum adalah US$5.25 Billion.

PEMBIAYAAN

 

Pembiayaan proyek didapatkan dari pinjaman bank international.

Kalau saat ini penghasilan harian rata rata US$5 Million, maka setelah Locks yang baru beroperasi, maka diperkirakan pemasukan akan berlipat 2 dan ditahun 2025 Locks baru dan lama akan menghasilkan rata rata US$20 Million setiap hari, dengan bila biaya operasi dan pemeliharaan kurang dari 50 persen, maka pastilah pembayaran cicilan hutang US$5.25 Billion akan cukup cepat dapat dilunasi.

 

 ALAT BANTU YANG DIPAKAI DALAM PENGOPERASIAN PANAMA CANAL LAMA

Locomotive yang menarik dan memposisikan kapal didalam lock

 

Tug Boat yang menarik dan mengiringi kapal kedalam Lock

Untuk Locks baru tidak diperlukan Locomotive lagi, cukup dipakai tug boat untuk mempertahankan kedudukan kapal ditengah Lock, sebab ruang gerak cukup lebar.

 

SKALA PROYEK PANAMA CANAL II

Ukuran pintu Lock yang paling besar

FASILITAS PENUNJANG PEMBANGUNAN

Dermaga Aggregate

Concrete Mixing Plant raksasa yang berkapasitas 20,000m3/hari terdapat dikedua lokas Lock yaitu di Pasifik dan di Atlantik.

Beton kebanyakan ditransport dengan sistim Conveyor tertutup dengan temperature 7 derajat Celcius.

KESIMPULAN

 Panama memang beruntung dengan posisi geografis nya dan peristiwa sejarahnya, sehingga saat ini mendapatkan penghasilan rata rata US$5 Million / day.

Proyek Panama Canal II ini memang sudah dipertimbangkan matang matang dan dilakukan referendum rakyat, sehingga bisa berjalan dengan lancar. Tenaga kerja yang ditampung untuk pembangunan ini mencapai 17,000 orang dan dalam pengoperasiannya nanti akan memakai tenaga kerja sebanyak 7,000 orang.

Dengan penghasilan kedepan paling sedikit 2 x dari sekarang, maka jelas pembayaran hutang akan sangat lancar.

Sekarang pelabuhan dipantai Timur dan Barat  Amerika Serikat sudah mulai meningkatkan kemampuan pelabuhan masing masing untuk menangani kapal kapal Post Panamax, dengan melakukan pengerukan dan peningkatan fasilitas pelabuhan seperti Container Crane dan alat angkut lainnya. Jelas ini adalah tanda tanda positif bagi Panama Canal secara keseluruhan.

.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s